Wednesday, 25 January 2017

Formulir Pendaftaran Aceh Documentary Junior (ADJ) 2017

Visualmu adalah gambaran ide yang akan kamu sajikan untuk membangun Negeri, karena dari situlah bagaimana kita terlihat dan merubah menjadi yang seharusnya.

 

Anak  merupakan  persoalan  yang  selalu  menjadi  perhatian dari berbagai  elemen masyarakat,  bagaimana  kedudukan  dan  hak-haknya dalam keluarga dan bagaimana seharusnya ia diperlakukan oleh kedua orang  tuanya,  bahkan  juga  dalam  kehidupan masyarakat  dan  negara melalui kebijakan-kebijakannya dalam mengayomi anak. Tingginya angka kasus kekerasan terhadap anak masih menjadi permasalahan serius yang hari ini terus terjadi ditengah masyarakat kita. Ditambah lagi fenomena kenakalan remaja yang disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orang tua dalam memahami dan itu membuat anak terus menjadi objek dari realitas social yang terabaikan. Ini merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat khususnya para orang tua dan para pemangku kebijakkan di bidang anak.

Melihat tantangan tersebut Aceh Documentary Junior yang disingkat dengan ADJ yang merupakan salah satu program dari Yayasan Aceh Dokumenter (Aceh Documentary) yang sampai saat ini telah melatih 70 Siswa, 18 Sutradara Muda dan 9 Film Dokumenter semenjak 2015 hingga 2016 silam. Kini memasuki tahun ketiga ADJ tetap fokus pada edukasi dan apresiasi melalui media Film Dokumenter yang kami yakini mampu meningkatkan kreativitas serta daya pikir kritis dari pemuda, guna terus berkonstribusi dan menjadi agen perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

ADJ 2017 kali ini mengusung tema “ BIJEEH NANGGROE ” yang merupakan ruang lingkup ide cerita yang akan diproduksi menjadi film documenter pendek. “Bijeeh Nanggroe” merupakan anak-anak generasi penerus Aceh yang belakangan dipahami sebuah kelompok kecil oleh orang dewasa baik secara social, pendidikan dan budaya. Sehingga tak jarang saat ini anak juga dianggap sebagai suatu kelompok yang harus menurut dan mengikuti segala aturan –aturan yang dibebankan kepadanya.

Secara psikologis menjadi Bijeeh Nanggroe adalah sebagai manusia yang sedang mengembang serta menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dalam mewujudkan dirinya menjadi suatu bentuk ideal yang diharapkan oleh dunia sekitar. Perkembangan zaman telah memperlakukan mereka untuk dibatasi dan diawasi oleh berbagai macam elemen sosial dan negara agar tidak merusak peradaban dunia sekitarnya. Sebagaimana ungkapan peribahasa Aceh, “Meunan U Meunan Minyeuk, Meunan Ku Meunan Aneuk” (Anak akan mengikuti perilaku orang tuanya). Melihat realitas proses pengembangan diri seorang anak hari ini, baik dari lembaga pendidikan, sosial dan kebudayaan sekitar telah memaksa mereka untuk berperan sesuai kehendak ide dan cita-cita dari orang-orang serta lingkungan disekitarnya, dan bila wujud dari cita-cita itu tidak ada maka mereka sendirilah yang salah. Tapi adakah yang mencoba memahami apa yang mereka pikirkan dan lakukan terhadap lingkungannya?. Semua kita percaya bahwa Setiap manusia mempunyai caranya sendiri dalam berpikir dan bertindak bahkan mengkritisi berbagai pengalaman dalam menjalani proses kehidupan sehari-hari untuk berjalan menuju peradaban yang beradap sebagai khalifah di muka bumi.

Oleh karena itu ADJ 2017 mencoba melihat Anak sebagai trigger tema dan subjek cerita dari ide-ide yang nanti akan dijadikan film dokumenter yang mengeksplorasi ide dan gagasan kreatif dari sudut pandang cerita yang sangat personal, artinya ide cerita yang dikirim peserta adalah cerita-cerita yang berdasarkan pengalaman di lingkungan sekitar, dan diharapkan mempunyai sebuah sudut pandang sendiri dalam memahami dan menanggapi fenomena disekitarnya.

Maka dari itu, sebagai upaya meningkatkan minat dan kreativitas pelajar SMA/SEDERAJAT di bidang seni multimedia khususnya Film Dokumenter. Nantinya ADJ juga akan menjadi kegiatan yang mampu menstimulun pelajar dalam menemukan ide-ide kreatif, inspiratif dan mampu mengubah perspektif. Sehingga melahirkan karya-karya film dokumenter dari sutradara-sutradara muda (Sineas Aceh), yang mampu berkonstribusi melakukan perubahan positif bagi Aceh.

 

KETENTUAN & SYARAT MENJADI PESERTA ADJ 2017 :

  • Terbuka untuk seluruh Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) sederajat Maksimal Kelas XI Se-Provinsi Aceh (melampirkan fotocopy kartu pelajar).
  • Peserta harus melampirkan surat izin resmi dari sekolah dan orang tua (surat izin terlampir dibawah/download).
  • Mendaftarkan diri sebagai tim yang terdiri dari 2 orang.
  • Memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mempelajari pembuatan film dokumenter dan bercita – cita menjadi pembuat film dokumenter.
  • Peserta bersedia mengikuti Training yang akan dilaksanakan selama 4 hari (25-28 Februari 2017) dan bila lolos menjadi finalis ADJ 2017 akan mengikuti In House Training selama 7 hari (19-25 Maret 2017).
  • Mengisi Formulir Pendaftaran dengan lengkap yang berisi semua keterangan mengenai data diri serta surat rekomendasi, yang dikirimkan kepada panitia dalam 2 bentuk yaitu : Soft copy ke email: acehdocumentaryjunior@gmail.com dan Hard Copy di kirim ke Aceh Documentary office Jl. Teuku Umar, No 266 A, Lantai II, Seutui Banda Aceh.

No Kontak Maneger program / Irza Ulya       : 0812 6937 7519

                                            Rizkybowo     : 0822 1026 4479


BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka dari tanggal 23 Januari 2017. Pendaftaran paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 15 Februari 2017  pukul 23.59 WIB.


SELEKSI PESERTA

Setelah panitia menerima formulir pendaftaran dari peserta, panitia akan menyeleksi 10 team atau 20 pelajar dari berbagai sekolah SMA/sederajat Se- Aceh yang akan mengikuti proses selanjutnya, yaitu Basic Training. Hasil seleksi akan diumumkan pada 18 Febuari 2017 melalui Website & Sosial Media.

 

BASIC TRAINING

Tahap ini peserta mendapat materi pengenalan dasar tentang film documenter meliputi, Riset Ide Cerita dan pengenalan dasar sinematografi, selama 4 hari (25-28 Februari 2017). Setelah mengikuti training peserta akan dipulangkan untuk melakukan riset mulai dari tanggal 1-12 Maret 2017, dan mengirimkan hasil riset kepada panitia.

 

PRESENT FORUM

10 team akan diundang ke Banda Aceh untuk mempresentasikan ide cerita didepan dewan juri,  dari 10 ide cerita terbaik akan dipilih 5 Ide cerita terbaik dan akan menjadi Finalis ADJ 2017 yang kemudian ide ceritanya akan diproduksi menjadi film dokumenter yang akan didampingi bersama supervisi profesional dari Aceh Documentary sampai film selesai dan siap untuk ditonton.

Hal-hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam tahap seleksi adalah sebagai berikut:

  • Keunikkan Ide cerita
  • Memiliki sudut pandang yang jelas;
  • Relevansi antara topik/subyek dengan tema “Bijeeh Nanggroe”
  • Kemungkinan Ide cerita untuk dapat diproduksi dalam hal rentang waktu (7 hari).
  • Kualitas motivasi dan komitmen  calon peserta / pelamar.


IN HOUSE TRAINING

5 team yang lolos dari tahap present forum kemudian akan dikarantina (in house training) selama 7 hari (19-25 Maret 2017). Pada tahap ini peserta akan diberikan pendalaman materi mengenai pembuatan film dokumenter oleh pemateri serta untuk memperkuat ide cerita.

 

PRODUKSI/ SYUTING

Selanjutnya kelima tim akan dipulangkan ke daerah masing-masing untuk memulai produksi selama total 14 hari (31-13 April 2017). Setiap tim akan mendapat fasilitas sebagai berikut :

  • Tim pengajar dari kalangan Produser/Sutradara film dokumenter Profesional
  • Supervisi  yang membantu saat shooting,
  • Peralatan shooting standar : kamera, lensa, tripod, microphone, bahan baku serta kebutuhan lainnya,
  • Editing room dan editor profesional yang membantu saat Editing,
  • Biaya produksi (besar dana hanya untuk proses shooting).


KOMITMEN

Setiap finalis dituntut memiliki komitmen dalam mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan ADJ yang telah dijadwalkan oleh Panitia secara penuh. Jika pada proses mengikuti rangkaian ADJ terdapat finalis yang tidak bertanggung jawab dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia maka akan memberikan sanksi tegas.


PENAYANGAN DAN PENGANUGERAHAN

Kelima film dokumenter akan diputar pertama kali di Layar Aceh Film Festival (AFF) 2017, dan akan dikompetisikan untuk memperebutkan nominasi Film Terbaik, nominasi Film Favorit Penonton (Tentative).


Dokumen/Download:

FORM FORMULIR PESERTA ADJ 2017

ToR ADJ 2017

SURAT REKOMENDASI KEPALA SEKOLAH

SURAT PERNYATAAN ORANG TUA


Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :

Manager program /Irza Ulya  : 0812 6937 7519

Rizkybowo   : 0822 1026 4479

Office: Jalan Teuku Umar No.266A Setui Banda Aceh

E-mail:  acehdocumentaryjunior@gmail.com

Atau klik : www.acehdocumentary.com

Facebook : acehdocumentary | Twitter : acehdoc