Thursday, 22 February 2018

Formulir Pendaftaran dan Tor ADJ Special Project

ePoster_ADJSP_2-01

TOR ( TERM OF REFERENCE)

ACEH DOCUMENTARY JUNIOR SPECIAL PROJECT (ADJSP) 2018

“EKSPRESI LAUSER”

Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) merupakan salah satu wilayah konservasi paling penting di muka bumi. Terletak di dua provinsi paling utara Sumatera (Aceh dan Sumatera Utara), dengan luas 2,6 juta hektare yang sangat kaya keanekaragaman hayati. KEL terbentang di 13 Kabupaten (Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang) di Provinsi Aceh dan 4 Kabupaten (Langkat, Dairi, Karo dan Deli Serdang) di Sumatera Utara.

Ekosistem ini merupakan tempat perlindungan terbesar dari hutan hujan Malesian yang belum terganggu di dunia. Leuser juga merupakan hutan hujan yang memiliki beragam satwa dan sangat dikenal di dunia ilmu pengetahuan. Leuser juga memiliki jumlah fauna terbanyak di kawasan Asia, hutan ini dianggap sebagai tempat terakhir di Asia Tenggara yang memiliki ukuran dan kualitas yang cukup untuk mempertahankan populasi spesies-spesies langka.

Dengan topografi yang dramatis membuat fungsi ekosistemnya sebagai sistem pendukung kehidupan lebih dari empat juta orang yang tinggal di daerah sekitarnya. KEL memiliki banyak fungsi ekologis, yang salah satu yang paling penting adalah menyediakan pasokan air yang konstan ke daerah sekitarnya dan pengaturan iklim setempat. Fungsi lainnya termasuk pencegahan erosi dan banjir bandang, pencegahan hama, penyerapan karbon (untuk pengaturan iklim global), keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang spektakuler (untuk pariwisata), potensi tenaga air, plasma nutfah (untuk hortikultura), penyerbukan tanaman komersial penting , filtrasi debu udara (yang mengarah ke kesuburan tanah).

Yayasan Aceh Dokumenter (Aceh Documentary) pada tahun ke 4 akanmelaksanakan program Aceh Dokumentary Junior Special Project 2018, fokus yang akan diangkat khusus berkenaan dengan Kawasan Ekosistem Lauser (KEL). Melalui tema “Ekspresi Lauser”, Aceh Documentary akan mengajak siswa-siswi SMA sederajat yang berada di empat kabupaten, yaitu Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Selatan & Aceh Barat Daya, untuk dapat berpartisipasi dengan mengirimkan ide cerita film dokumenter. Lima tim dengan ide cerita terbaik akan difasilitasi hingga film selesai.

Tema Ekspresi Lauser bertujuan agar para pelajar dapat pengungkapan perasaan, gagasan atas sebuah fakta dan realita yang tampak pada pendidikan, budaya, kearifan lokal, sosial dan pelestarian lingkungan di wilayah hutan lauser, yang berada disekeliling mereka ke dalam bentuk karya film dokumenter.

Melalui medium Film (audio visual) yang informatif serta diminati oleh semua elemen masyarakat saat ini, diharapkan dapat menjadi media edukasi dalam meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga hutan lauser. Sehingga para pelajar punya kesempatan untuk dapat berkonstribusi positif melalui karya untuk daerah.

KETENTUAN & SYARAT MENJADI PESERTA ADJ 2018 :

 Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) sederajat Maksimal Kelas XI (melampirkan fotocopy kartu pelajar).

 Peserta harus melampirkan surat izin resmi dari sekolah dan orang tua (Form Surat Izin Sekolah terlampir)

 Mendaftarkan diri sebagai tim yang terdiri dari 2 orang.

 Memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mempelajari pembuatan film dokumenter dan bercita – cita menjadi pembuat film dokumenter.

 Peserta bersedia mengikuti Present Forum yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2018, dan apabila lolos menjadi Finalis ADJSP 2018 akan mengikuti In-House Training pada tanggal 20-26 Maret 2018 di Banda Aceh.(Jadwal lengkap tahapan pelaksanaan ADJ 2018. Terlampir).

 Mengisi Pendaftaran dengan lengkap yang berisi semua keterangan mengenai data diri serta surat rekomendasi, yang dikirimkan kepada panitia melalui email ke: adj.specialproject2018@gmail.com, dengan format Subject Email; ADJSP2018(spasi)JUDUL IDE CERITA.

 Berkas Pendaftaran Via Email Diterima Paling Lambat Tanggal  15 Maret 2018, Pukul 23.00 WIB.

 

JADWAL TAHAPAN LENGKAP PELAKSANAAN ADJ 2018

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka dari tanggal 14 Februari 2018. Pendaftaran paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 15 Maret 2018 pukul 23.00 WIB.

SELEKSI PESERTA

Panitia akan menyeleksi 10 tim atau 20 pelajar dengan ide cerita terbaik, yang akan mengikuti proses selanjutnya Present Forum. Hasil seleksi tahap pertama akan diumumkan pada 17 Maret 2018 melalui Website & Sosial Media.

PRESENT FORUM

10 tim akan diundang ke Banda Aceh pada tanggal 18-19 Maret 2018 untuk mempresentasikan ide cerita didepan dewan juri, dari 10 ide cerita akan dipilih 5 Ide cerita terbaik dan akan menjadi Finalis ADJSP 2018, yang kemudian ide cerita tersebut akan diproduksi menjadi film dokumenter.

Hal-hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam tahap seleksi adalah sebagai berikut:

 Keunikkan Ide cerita

 Memiliki sudut pandang yang jelas;

 Relevansi antara topik/subyek dengan tema “Ekspresi Lauser”

 Kemungkinan Ide cerita untuk dapat diproduksi dalam hal rentang waktu (7 hari).

 Kualitas motivasi dan komitmen calon peserta / pelamar.

IN HOUSE TRAINING

Lima tim yang lolos dari tahap present forum kemudian akan dikarantina (in house training) selama 7/8 hari (16-23 Maret 2018). Pada tahap ini peserta akan diberikan pendalaman materi mengenai pembuatan film dokumenter oleh pemateri serta untuk memperkuat ide cerita.

PRODUKSI/ SHOOTING

Selanjutnya kelima tim akan dipulangkan ke daerah masing-masing untuk memulai produksi selama total 8 hari (24 – 31 Maret 2018). Setiap tim akan mendapat fasilitas sebagai berikut :

 Tim pengajar dari kalangan Produser/Sutradara film dokumenter Profesional.

 Supervisi yang membantu saat shooting.

 Peralatan shooting standar : kamera, lensa, tripod, microphone, bahan baku serta kebutuhan lainnya.

 Editing room dan editor profesional yang membantu saat Editing,

 Biaya produksi (besar dana hanya untuk proses shooting).

KOMITMEN

Setiap finalis dituntut memiliki komitmen dalam mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan ADJSP yang telah dijadwalkan oleh Panitia secara penuh. Jika dalam proses mengikuti rangkaian ADJSP terdapat finalis yang tidak bertanggung jawab dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia maka akan diberikan sanksi tegas.

PENAYANGAN DAN PENGANUGERAHAN

Kelima film dokumenter akan diputar pertama kali di Layar Aceh Film Festival (AFF) 2018, dan akan dikompetisikan untuk memperebutkan nominasi Film Terbaik.

Dokumen/Donwload :

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi :

Munzir : 0823 6001 2657

Arziqi Mahlil : 0853 6191 1649

Office: Jalan Teuku Umar No.266A Setui Banda Aceh.Telp : 065140775

E-mail: adj.specialproject2018@gmail.com

Atau klik :www.acehdocumentary.com

Facebook : acehdocumentary | Twitter : acehdoc