Wednesday, 31 January 2018

Formulir Pendaftaran Dan Term Of Reference Aceh Documentary Junior 2018

Tema:

“EKSPRESIZ”

Internet saat ini sudah menjadi bagian hidup bagi masyarakat global, tidak hanya terbatas bagi orang dewasa namun juga anak-anak, umumnya mereka sudah mulai dituntut untuk bisa ikut andil dalam perkembangan zaman saat ini, jika tidak, mereka akan bisa dibilang ketinggalan zaman. Fenomena lahirnya generasi yang belakangan ini sering disebut-sebut dengan istilah; zaman Y atau milenial dan generasi zaman Z (Zaman Now), punya andil yang sangat besar dalam merespon kemajuan zaman saat ini. Generasi ini memiliki kemampuan lebih cepat dalam mengakses informasi, walaupun usia mereka masih tergolong anak-anak.  Mereka sejak kecil sudah diperkenalkan dengan teknologi canggih, seperti komputer, laptop, handphone, iPad, dan perangkat elektronik lainnya.

Menurut data statistik yang diambil dari survei tahun 2014, ternyata Indonesia ada diperingkat ke-13 pengguna terbesar internet dengan angka 42.258.824 pengguna. Sementara untuk pengguna remaja di Indonesia berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga PBB diprediksi sekitar 30 juta orang. Sedangkan hasil survei yang dilakukan oleh European Union Kids Online bahwa aktifitas yang paling tinggi yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja. Sebagian besar mereka mengakses tugas sekolah (92%), bermain game (83%),  melihat video klip (75%), dan Jejaring sosial (71%). Walaupun generasi Z dilengkapi dengan kemajuan teknologi yang canggih nan mumpuni, namun, mereka hanya merasakan kesenangan melalui permainan digital saja. Permainan-permainan seperti lompat tali, patok lele, maen pet-pet dan permainan tradisional lainnya tidak dapat lagi dirasakan oleh generasi Z.

Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa generasi ini secara psikologis terkadang bersikap egosentris dan individualis. Mereka, Gen Z, menginginkan hal yang serba instan, kurang menghargai proses, dan terkadang tidak bisa mengontrol emosi. Gen Z masih terlalu asik dengan dunia gadget dan elektroniknya, sehingga mereka kurang peduli dengan keadaan disekitar mereka, itulah yang menyebabkan kecerdasan emosional (EQ) generasi Z kurang berkembang atau tumpul, tetapi kecerdasan intelektual (IQ) mereka tinggi dan berkembang baik.

Oleh karena itu Aceh Documentary Junior (ADJ)  sebagai sebuah ajang kompetisi, edukasi dan eksebisi Film Dokumentar bagi pelajar. Tahun ini  dengan tema “EkspresiZ” ingin mengajak kawan-kawan pelajar terutama Generasi  Zaman Now agar memanfaatkan internet kedalam hal positif agar tidak terjebak dalam hal negatif. Ruang ekspresi generasiZ harus bisa terjawab melalui medium film dokumenter, sebuah medium audio visual yang sangat digandrungi oleh semua elemen masyarakat saat ini. Guna menumpahkan kegelisahan pelajar dalam melihat realitas zaman hari ini ke dalam bentuk karya film dokumenter.

EkspresiZ sendiri kami artikan sebagai sebuah Ekpresi sebuah proses pengungkapan perasaan, gagasan atas sebuah fakta dan realita  yang tampak  dalam dunia pendidikan, sosial, budaya, lingkungan, dan kesehatan.  Lewat pandangan kaca mata pelajar yang kami kelompokkan dalam Generasi Zaman Z. Nantinya diharapkan akan menghasilkan film-film dokumenter yang mampu mengambarkan kegelisahan para pelajar hari ini dengan kerya mereka yang inspiratif, edukatif dan mampu mengubah perspektif. Sehingga para pelajar Aceh hari ini sebagai Genarasi Zaman Z, juga punya kesempatan berkonstribusi positif melalui karya mereka untuk Nanggroe Aceh Tercinta.

PERSYARATAN UNTUK MENJADI PESERTA ADJ 2018 “EkspresiZ”, PERSYARATAN UMUM :

  • Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) sederajat Maksimal Kelas XI (melampirkan fotocopy kartu pelajar).
  • Peserta harus melampirkan surat izin resmi dari sekolah dan orang tua. (Form Surat Izin Sekolah terlampir)
  • Mendaftarkan diri sebagai tim yang terdiri dari 2 orang.
  • Memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mempelajari pembuatan film dokumenter dan bercita – cita menjadi pembuat film dokumenter.
  • Peserta bersedia mengikuti Training yang akan dilaksanakan selama 4 hari (11-14 Maret 2018) dan bila lolos menjadi Finalis ADJ 2018 akan mengikuti In-House Training selama 7/8 hari (29 Maret- 5 April 2018) di Banda Aceh. (Jadwal lengkap tahapan pelaksanaan ADJ 2018. Terlampir)
  • Mengisi Pendaftaran dengan lengkap yang berisi semua keterangan mengenai data diri serta surat rekomendasi, yang dikirimkan kepada panitia melalui email ke: acehdocumentaryjunior@gmail.com, dengan format Subject Email; ADJ2018(spasi)JUDUL IDE CERITA.
  • Serta melalui pos ke : Sekretariat  Aceh Documentary 

Jalan Teuku Umar No.266A Seutui Banda Aceh. Telp: 0651 40775.

No Kontak Panitia : 0821 6565 2971 (Mukmin) dan 0822 7221 0336 (Andri Saputra).

BERKAS PENDAFTARAN VIA EMAIL DITERIMA PALING LAMBAT TANGGAL 25 FEBRUARI 2018. VIA POS PALING LAMBAT DITERIMA TANGGAL 28 FEBRUARI 2018. (SETIAP TIM WAJIB MENGIRMKAN BERKAS PENDAFTARAN DALAM KEDUA FORMAT TERSEBUT).

 

JADWAL TAHAPAN LENGKAP PELAKSANAAN ADJ 2018

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Februari 2018. Pendaftaran paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 28 Februari 2018  pukul 18.00 WIB.

SELEKSI PESERTA

Setelah panitia menerima sejumlah pendaftaran dari peserta, panitia akan menyeleksi 10 team atau 20 pelajar dari berbagai sekolah SMA/sederajat Se- Aceh yang akan mengikuti proses selanjutnya yaitu Basic  Training. Hasil seleksi akan diumumkan pada 9 Maret 2018 melalui Website & Sosial Media.

BASIC TRAINING

Tahap ini peserta mendapat materi pengenalan dasar tentang film documenter meliputi, Riset Ide Cerita dan pengenalan dasar sinematografi, selama 4 hari (11-14 Maret 2018) DI Banda Aceh. Setelah mengikuti training peserta akan dipulangkan ke daerah masing-masing untuk melakukan riset mulai dari tanggal 15-24 Maret 2018, dan mengirimkan hasil riset Batas akhir pengembalian Form Riset paling lambat pada tanggal 26 Maret 2018. kepada panitia.

PRESENT FORUM

10 team akan diundang ke Banda Aceh pada tanggal (28 Maret 2018) untuk mempresentasikan ide cerita didepan dewan juri,  dari 10 ide cerita terbaik akan dipilih 5 Ide cerita terbaik dan akan menjadi Finalis ADJ 2018 yang kemudian ide ceritanya akan diproduksi menjadi film dokumenter yang akan didampingi bersama supervisi profesional dari Aceh Documentary sampai film selesai dan siap untuk ditonton.

Hal-hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam tahap seleksi adalah sebagai berikut:

  • Keunikkan Ide cerita
  • Memiliki sudut pandang yang jelas;
  • Relevansi antara topik/subyek dengan tema “EkspresiZ”
  • Kemungkinan Ide cerita untuk dapat diproduksi dalam hal rentang waktu (7 hari).
  • Kualitas motivasi dan komitmen  calon peserta / pelamar.

IN HOUSE TRAINING

5 team yang lolos dari tahap present forum kemudian akan dikarantina (in house training) selama 7/8 hari (28 Maret- 5 April  2018). Pada tahap ini peserta akan diberikan pendalaman materi mengenai pembuatan film dokumenter oleh pemateri serta untuk memperkuat ide cerita.

PRODUKSI/ SYUTING

Selanjutnya kelima tim akan dipulangkan ke daerah masing-masing untuk memulai produksi selama total 10 hari (10-19 April 2018). Setiap tim akan mendapat fasilitas sebagai berikut :

  • Tim pengajar dari kalangan Produser/Sutradara film dokumenter Profesional
  • Supervisi  yang membantu saat shooting,
  • Peralatan shooting standar : kamera, lensa, tripod, microphone, bahan baku serta kebutuhan lainnya,
  • Editing room dan editor profesional yang membantu saat Editing,
  • Biaya produksi (besar dana hanya untuk proses shooting).

KOMITMEN

Setiap finalis dituntut memiliki komitmen dalam mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan ADJ yang telah dijadwalkan oleh Panitia secara penuh. Jika pada proses mengikuti rangkaian ADJ terdapat finalis yang tidak bertanggung jawab dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia maka akan memberikan sanksi tegas.

PENAYANGAN DAN PENGANUGERAHAN

Kelima film dokumenter akan diputar pertama kali di Layar Aceh Film Festival (AFF) 2018, dan akan dikompetisikan untuk memperebutkan nominasi Film Terbaik.

Dokumen/Download :

FORMULIR PENDAFTARAN ADJ 2018

ToR ADJ 2018

SURAT REKOMENDASI KEPALA SEKOLAH

SURAT PERNYATAAN ORANG TUA

SURAT REKOMENDASI DINAS PENDIDIKAN ACEH ADJ 2017

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi : 

Mukmin : 0821 6565 2971, Andri Saputra : 0822 7221 0336

Office: Jalan Teuku Umar No.266A Setui Banda Aceh.Telp : 065140775

E-mail:  acehdocumentaryjunior@gmail.com

Atau klik : www.acehdocumentary.com

Facebook : acehdocumentary | Twitter : acehdoc

 

Poster ADJ 2018